Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Santri Mu’allimin Manfaatkan Libur Dengan Kegiatan Holiday Program

Oleh Ahmad Tino

3 Januari 2023

Mu'allimin Yogyakarta - Pasca penilaian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 santri Mu'allimin disibukkan dengan beberapa rangkaian acara sebelum perpulangan. Salah satunya dari urusan Bahasa Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah yang telah merancang rangkaian kegiatan untuk mengisi liburan siswa yang bertajuk Holiday Program.

Ust. Munzilin MPd selaku urusan bahasa menyampaikan jika ada 3 program kegiatan dalam Holiday Program diantaranya Dauroh Tahfizh Al-Qur'an, Intensive English Course dan Pelatihan Membaca Kitab dengan Mudah dan Fun. Selasa, (27/12) bertempat di Asrama 9 Mu'allimin sebanyak lebih dari 40 santri menghadiri pembukaan pelatihan baca kitab. Turut hadir menyampaikan arahan Ust. Munzilin, M.Pd dan Ust. Husnul sebagai pemateri yang akan mengisi kegiatan baca kitab selama 3 hari mendatang. Dalam arahannya Ust Munzilin menyampaikan jika nantinya seluruh santri yang mengikuti dapat berkontribusi sejak awal hingga akhir. "Madrasah berharap nantinya kelak kalian lah yang hadir sebagai pemateri-pameteri pelatihan baca kitab di tahun yang akan datang, karna dengan belajar baca kitab nantinya kalian juga bisa mengajarkan ilmu-ilmu yang didapat kepada adik-adik tingkat kalian serta ini menjadi bekal kalian kelak dalam melanjutkan studi ke timur tengah" pungkas Munzilin.

Foto Kegiatan Pelatihan Baca Kitab Dalam Kegiatan Holiday Program 2022

Sementara itu, dalam sambutannya Ust. Husnul pemateri yang sengaja didatangkan dari Lamongan Jawa Timur menyampaikan bahwa setiap kegiatan harus melalui proses yang dilewati. "Dalam kegiatan ini merupakan suatu proses dimana nantinya kalian banyak belajar mengenai pembelajaran baca kitab yang mudah dan menyenangkan sehingga kalian benar-benar akan memahaminya, tidak ada dalam hidup ini yang serba instan, kalian harus berproses dan menikmati proses ini dengan sebaik-baiknya". Ungkap Ustaz yang akrab dipanggil Aan itu.

Proses pembelajaran baca kitab yang mudah dan menyenangkan ini para santri diberikan modul Manhaji yang dapat dipelajari sebagai modal dalam melaksankan pembelajaran baca kitab.

Selain baca kitab, pada Holiday Program 2022 siswa Mu'allimin juga dapat memilih program lainnya diantara lain, Dauroh Tahfizh dan Intensive English. Ust Ahnaf Lubab selaku pendidik Madrasah Mu'allimin yang juga di Amanahi sebagai pembimbing Asrama Tahfizh mengungkapkan jika setiap akhir semester bidangnya selalu membuka Dauroh Tahfizh guna memfasilitasi santri Mu'allimin yang akan menambah hafalan Qur'an.

Foto Salah Satu Kegiatan Intensive English dalam Kegiatan Holiday Program 2022

Kamis (31/12), kegiatan Dauroh Tahfizh dan Intensive English secara resmi dibuka oleh perwakilan Direksi yakni Ust. Andi Mujahid, S.E.I yang membuka secara langsung rangkaian kegiatan Holiday Program ini di Masjid Jami' Mu'allimin. Dalam sambutannya, Ust Andi mengapresiasi seluruh santri peserta Holiday Program pada Tahun 2022 ini. "Kami ucapkan terima kasih atas antusias para santri dalam mendaftarkan diri pada kegiatan ini untuk sama-sama menjadikan liburan ini semakin bermanfaat, kami juga apresiasi para santri yang telah merelakan waktu liburnya dengan kegiatan ini, Holiday Program ini nantinya menjadi bekal para santri dan menjadi pengalaman berharga yang tidak semua santri lain dapatkan" pungkas Wadir 4 Mu'allimin.

Rangakaian kegiatan Holiday Program akan ditutup pada Kamis, (06/01) bersamaan dengan kegiatan Outbond untuk seluruh peserta Holiday Program yang diselenggarakan di kaki gunung merapi yakni Ledhok Sambi. Kegiatan outbond menjadi pemantik semangat dan me-refresh para santri agar semangat dalam menjalankan pembelajaran di semester 2 yang dimana KBM efektif akan dimulai pada Sabtu, (07/01)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta