Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Gladi Tangguh 2022 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Oleh Ahmad Tino

3 Januari 2023

Mu'allimin Yogyakarta – Madrasah mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan kegiatan “Gladi Tangguh” selama 5 hari yakni 29 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023. Kegiatan ini bermakna untuk selalu menolong setiap manusia dimanapun berada.

Gladi tangguh ini diikuti oleh 38 Peserta setelah mengikuti proses seleksi dan pembekalan selama 1 bulan. Pada kegiatan pelepasan Ust. H. Aly Aulia, Lc, M.Hum. bertempat di lapangan tengah Kampus Induk Madrasah Mu’allimin bertindak selaku pembina upaca.

Dalam acara pelepasan ke 38 siswa tersebut, Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, H. Aly Aulia., Lc., M. Hum., menyampaikan pesan yang mengambil Ibrah dari Q.S Al-Falaq (113: 1-5) bagi para pandu penuntun yang mengikuti kegiatan dengan “Senantiasa memohon perlindungan kepada Allah SWT, dari segala kejahatan dan akibat yang ditimbulkan oleh makhluk-makhluk Nya, hanya kepada Nya kita memohon perlindungan.”

Dalam kandungan ayat kedua, beliau menjelaskan “Tidak hanya memohon perlindungan terhadap segala keburukan yang datang dari luar diri, tetapi juga dari dalam diri.” Kemudian, dalam kandungan ayat ketiga “bahwa sebagian makhluk-Nya sering menimbulkan kejahatan pada waktu malam bila segala sesuatu telah diliputi oleh kegelapan. Kondisi malam yang gelap gulita dapat menimbulkan rasa takut dan gelisah.  Akan tetapi, waktu malam adalah waktu yang terbaik untuk bermunajad diri kepada Allah SWT.”

Amanah yang beliau sampaikan mengandung makna lanjutan yaitu peserta mampu mengendalikan diri dalam kegiatan Gladi Tangguh dari rasa Takut dan Gelisah. Dalam kandungan ayat keempat “kita sebagai manusia diberikan petunjuk untuk memohon kepada Allah SWT dari kejahatan Sihir, Dengki dan Fitnah yang menjerumuskan diri kita ataupun orang lain” pemaknaan ayat ini juga menjadi semangat bagi para peserta untuk mampu menjauhkan diri dari sifat sombong dan dengki serta merekatkan ukhuwah islamiyah kepada sesama peserta, panitia, masyarakat yang berada disekitar selama berlangsungnya kegiatan Gladi Tangguh tahun 2022.

Kegiatan Gladi Tangguh merupakan bagian dari kegiatan khas Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Qabilah Ki Bagus Hadikusuma yang menjadi wadah pembetukan fisik, mental dan karakter kekaderan Mu’allimin serta menjadi sarana pengembangan sosial kemasyarakatan dan keilmuan kepanduan bagi kader yang mengikuti Gladi Tangguh tahun 2022.

Selama kegiatan panitia telah menyiapkan banyak kejutan dan keseruan yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi para peserta. Semoga Allah SWT senantian memberikan kelancaran dan kesehatan bagi peserta dan panitia selama kegiatan berlangsung. Aamiin. (YS)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta