Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Kemandirian dan Pemberdayaan Pesantren Tertua

Oleh Ahmad Tino

4 Desember 2022

Mu’allimin Yogyakarta – Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta di usianya yang ke-104 me-launching  1918 Laundry pada hari Ahad, 4 Desember 2022. Pesantren tertua yang didirikan sebelum bangsa ini merdeka terus berupaya meningkatkan unit usaha untuk memfasilitasi peserta didik dan melayani kebutuhan masyarakat luas dan bernilai ekonomis. Perkembangan pesantren di tengah modernisasi yang begitu cepat membutuhkan inovasi untuk menopang tumbuh kembangnya pesantren secara mandiri. Inovasi dalam pengembangan Mu’allimin secara ekonomis dan dengan pertimbangan kebutuhan santrinya, maka didirikanlah “1918 Laundry”. Atas saran dari mayoritas wali santri yang berjumlah sekitar 1725 santri, keberadaan jasa cuci dan seterika sangatlah dibutuhkan.

Santri modern Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta diharapkan tetap wangi dan rapi. Untuk merespon kebutuhan tersebut, maka didirikanlah “1918 Laundry”. Di tengah keterbatasan pesantren Mu’allimin Muhamamdiyah Yogyakarta, tetap berupaya menumbuhkan ekonomi kreatif yang bisa bermanfaat bagi siswa, pesantren, dan masyarakat sekitarnya, demikian penjelasan Aly Aulia, Direktur Madrasah Mu’allimin Muhamamdiyah. Setelah beberapa tahun lalu launching pabrik roti 1918 dan animo pelanggan yang terus meningkat, maka saat ini tepat pada Milad ke 104 diluncurkanlah “1918 Laundry”.

Foto Laundry 1918 milik Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Pemberdayaan ekonomi kreatif pesantren menjadi bagian dari upaya menopang kemandirian pesantren dalam memenuhi dan mengembangkan pesantren agar bisa mengikuti zamannya. Unit-unit usaha terus dikembangkan, misalnya Roti 1918, 1918 Laundry, Kantin Pesantren, dan masih banyak lagi. Para santri juga memiliki kelompok kreatif dan diwadahi dalam unit usaha milik pesantren. Secara tidak langsung, menanamkan jiwa enterpreuner juga diasah sebagai nilai tambah di Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Mu’allimin di Instagram


Mu’allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2023/2024

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023/2024 Gelombang 2 masih dibuka sampai dengan 03 November 2022.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta