Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

187 WISUDAWAN MU’ALLIMIN DILEPAS OLEH PP MUHAMMADIYAH; Lulusan Mu’allimin Harus Menjadi Kader yang Militan dan Berkualitas

Oleh Ahmad Tino

13 Juni 2022

Mu’allimin Yogyakarta - Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta menggelar acara tahunan berupa pelepasan atau wisuda bagi siswa kelas XII di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Ahad (12/6). Acara diikuti oleh 187 wisudawan yang berasal dari 22 propinsi di Indonesia, dengan rincian 180 siswa mengikuti secara offline, sementara 7 siswa lainnya menggunakan tautan online.

Sambutan Direktur Mu'allimin Muhammadiyah, H. Aly Aulia, Lc., M.Hum

Dalam sambutannya, Direktur Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta, H Aly Aulia Lc MHum menyatakan bahwa setiap alumni Mu'allimin harus menyadari bahwa mereka merupakan anak panah Muhammadiyah yang senantiasa siap bertugas di manapun sebagai kader ulama, pendidik, dan pemimpin yang membawa misi gerakan persyarikatan Muhammadiyah.

"Sebagai seorang kader, maka kalian harus berkarakter sebagai rijal, yang memiliki sifat kesatria yang perilakunya mencerminkan nilai-nilai yang senantiasa bergerak untuk berkhidmat dengan penuh keikhlasan dan istiqomah," ungkap Aly Aulia.

Di bagian lain dari sambutannya ia pun berharap kepada para alumni baru tersebut untuk menjadi pribadi muslim yang terbaik, mampu tampil menjadi sang pencerah umat, berjuang dengan gembira, dan mengembangkan diri menghadapi masa depan.

"t's nice to be important, but it's more important to be nice. Baik menjadi orang penting, tetapi lebih penting menjadi orang baik," pesannya.

Amanat PP Muhammadiyah oleh, Dr. H. Agung Danarto, M.Ag

Sementara itu Sekretaris PP Muhammadiyah, Dr H Agung Danarta MAg, dalam amanatnya menegaskan bahwa para siswa harus bersyukur dan gembira karena telah berhasil menyelesaikan pendidikannya di kawah candradimukanya kader persyarikatan Muhammadiyah. Dia pun berharap, berbagai kompetensi keilmuan yang telah diperolehnya selama enam tahun tersebut, dapat menjadi bekal menggapai masa depan sebagai kader-kader berkualitas dan berjiwa militan.

"Kader militan adalah kader yang senantiasa siap hadir dan membela, serta menunjukkan hal-hal yang baik dari persyarikatan," papar Agung.

Menurutnya, selama 110 tahun persyarikatan Muhammadiyah telah melakukan berbagai kebaikan dalam berbagai aspek kehidupan umat dan bangsa.

"Langkah-langkah positif Muhammadiyah itu harus terus dilanjutkan, dan itu membutuhkan kader-kader yang banyak serta berkualitas," tegas Agung Danarta yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Pembina Harian Madrasah Mu'allimin Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta itu.

Dalam rangkaian wisuda kali ini, Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah juga memberikan penghargaan kepada para siswa yang meraih prestasi tertinggi di bidang Tahfidz Al-Qur'an, akademik, non akademik, serta penghargaan di bidang Special Award Pioneer of Digital Literacy.

Tiga orang wisudawan terpilih sebagai lulusan terbaik yang mewakili tiga jurusan yang ada, masing-masing Iftah Luthfi Abriyan (jurusan IIK), Tsaqif Fattan (jurusan MIA), serta Fatham Mubina Iksir Gholi (jurusan IIS).

Pengukuhan Wisudawan Terbaik Kepada Ananda Iftah Luthfi Abriyan

Sedangkan wisudawan yang dikukuhkan sebagai Lulusan atau Kader Paripurna Terbaik Mu'allimin Tahun 2022 diraih oleh Iftah Luthfi Abriyan, asal Bantul yang berhak atas hadiah berupa piagam dan satu unit laptop. Siswa tersebut juga sudah diterima di Jurusan Psikologi UGM Jalur Prestasi.

(Humas News)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta