Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Pengukuhan Akbar Organisasi Santri Mu’allimin: Jantung Proses Pengkaderan

Oleh Ahmad Tino

2 September 2021

Yogyakarta,- Membuka kegiatan awal bulan, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menggelar Pengukuhan Akbar Organisasi Santri yang dilaksanakan secara daring dan luring yang terpusat di Aula Gedung Induk Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah pada  (01/09).  Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh civitas Mu’allimin secara virtual melalui Zoom dan youtube.

Dalam sambutan pengukuhan (ORGANTRI) Organisasi Santri, Aly Aulia Lc., M.Hum. selaku direktur menegaskan kembali bahwa regenerasi organisasi merupakan bagian yang penting dalam sistem perkaderan. “Organtri adalah jantung dari proses pengkaderan dan pembinaan kepemimpinan bagi santri Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah. kalau organisasi santrinya baik berarti menunjukkan proses pembinaan kepemimpinan dan pengkaderan akan baik pula” paparnya.

“upaya pembinaan dalam aspek pengkaderan dan kepemimpinan ini cukup panjang selama satu tahun penuh.  Dalam menjalankan kewajiban dan tugasnya seorang pimpinan organtri tanpa mengurangi peran sebagai siswa, hal ini tentu menjadi kemampuan yang luarbiasa” imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa falsafah dalam berorganisasi adalah apa yang dapat diberikan bukan apa yang akan didapatkan, “kata kuncinya adalah apa yang akan kalian beri sebagai pimpinan organtri untuk berkontribusi dalam setiap program”. Selain itu ia juga berpesan bahwa menjadi pimpinan organtri itu harus memegang prinsip mampu dan mau. “mampu dan mau menjalankan fungsi sebagai santri dan juga peran pimpinan organtri adalah pondasi dalam menjalani proses kedepan” Tambah Sekretaris Divisi Al-qur’an dan Hadist Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Tersebut.

Adapun Organisasi santri yang dikukuhkan diantaranya adalah Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhamadiyah (PR IPM) Mu’allimin, Dewan Eksekutif Penghela Ki Bagus Hadikusumo, Pimpinan Cabang Tapak Suci Unit 009 Mu’allimin, Student of M’allimin Medical Team (SUMMIT), Lembaga Pers Mu’allimin (LPM) Sinar, Mu’allimin Scientific Community (MSC) dan Sobat Perpustakaan Mu’allimin (SPM) yang masing-masing mengirim perwakilan pimpinannya untuk dikukuhkan secara langsung.

Aly aulia juga berpesan kepada seluruh pimpinan organtri harus memiliki nilai religiusitas yang baik, mental yang tangguh, kapasitas intelektual yang mumpuni, fisik yang sehat serta kemampuan untuk berkolaborasi dan berjejaring. Terakhir ia menekankan pada para pimpinan organtri untuk memaknai semangat pengukuhan. “Pengukuhan akbar ini merupakan awal dari semangat dalam rangka berkolaborasi, bersinergi, dan bahu membahu dalam memaksimalkan kontribusi apa yang dapat dioptimalkan sebagai sebuah peningkatan yang lebih baik” pungkasnya.

(F/HN)

#sekolahkader

#muhammadiyah

#pendidikan

#sekolahmenengah

#madrasah

#pengukuhanorgantri

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

Website : https://muallimin.sch.id/

(More Info : http://bit.ly/mualliminjogja)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta