Mu’allimin dan Yayasan Muslim Sinar Mas Gelar Bazaar Rakyat dan Wakaf Alquran

(YOGYA) – Langkah menjadikan Ramadhan semakin bermakna dilakukan Yayasan Muslim Sinar Mas dengan melakukan Bazaar Rakyat serta Wakaf Quran yang dipusatkan di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (13/5/19).

“Bazaar dan wakaf hari ini, adalah sebagian dari upaya kami untuk peduli dan berbagi kepada masyarakat sekitar. Seperti yang pernah Buya Syafii sampaikan pada kami, jika seluruh komponen bangsa, termasuk sektor privat mesti mengambil peran dalam mengurangi kesenjangan sosial, juga ekonomi,” kata Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas, Saleh Husin disela mendampingi Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif saat ikut melayani ratusan warga sekitar yang sejak pagi memadati halaman Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) di komplek Asrama 10 madrasah setempat.

Selain bazaar dan wakaf, Saleh mengatakan, pihak yayasan memanfaatkan pula kesempatan ini sebagai ajang silaturahim sekaligus menggali pemahaman dari tokoh-tokoh sepuh Mu’allimin seputar nilai-nilai keislaman, mengingat di lingkup Sinar Mas terdapat tak kurang dari 300 sarana peribadatan Islam baik masjid maupun mushala.

 “Kami berupaya menjadikannya wahana penyebarluasan nilai keislaman yang bersifat terbuka, damai, toleran dan peduli sesama. Sudah barang tentu, pandangan dari tokoh seperti Buya, sangatlah bernilai,” ujar Saleh yang pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dalam Kebinet Kerja (2014-2016).

Bazaar Rakyat menyediakan sebanyak 3.000 liter minyak goreng kemasan seharga Rp. 8.000,- per liter, jauh di bawah harga umum. Menurut Saleh, kegiatan ini adalah kesempatan bagi Sinar Mas menjalankan program corporate social responsibility, mengedepankan produk dan merek andalan sendiri. Sembari mengaplikasikan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, beserta semangat berbagi dan silaturahim dengan sesama di bulan Ramadan. Melalui PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT SMART), sejak tahun 2005 telah disalurkan lebih dari 30 juta liter minyak goreng kemasan beragam merek seperti Filma, Kunci Mas ataupun Mitra di berbagai kota di Indonesia.

Masih di tempat yang sama, Saleh menyerahkan secara simbolik 1.000 mushaf Al Quran kepada Buya Syafii Maarif yang nantinya akan diteruskan ke sejumlah masjid dan madrasah di Yogyakarta.

“Semoga saja inisiatif ini dapat mendorong keutamaan membaca dan mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan. Wakaf ini merupakan komitmen yayasan mendukung langkah pemerintah memperluas ketersediaan Alquran di masyarakat,” ungkap Saleh.

Pertimbangan mewakafkan mushaf dipilih karena versi cetak tetap menjadi pilihan utama umat muslim. Teknologi digital memang semakin maju dan menjadi alternatif yang baik guna mendalami nilai-nilai keislaman. Namun kebutuhan masyarakat akan mushaf tercetak belum tergantikan. Sejak tahun 2008, dengan dukungan Asia Pulp & Paper Sinar Mas telah mendonasikan 800 ribu mushaf Al Quran, 150 ribu buku panduan membaca Al Quran atau Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah. Tahun ini, Sinar Mas berencana mewakafkan hingga 150.000 mushaf, berikut 25.000 Juz Amma.

Seluruh kertas Alquran yang diwakafkan dicetak menggunakan kertas premium Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang bagi pencetakan kitab suci dan buku agama. Quran Paper yang memenuhi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan ini, hingga 90 persen produksinya di ekspor ke berbagai negara Asia dan Afrika.

Mewakili seluruh civitas akademika Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Wakil Direktur I, Dr Mhd. Lailan Arqam MPd menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja sama yang terjalin antara kedua lembaga, sehingga aksi sosial ini bisa terlaksana dengan baik, dan mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat luas.

“Kami berharap, di masa-masa yang akan datang, agenda positif seperti ini terus dapat dilanjutkan dan bisa menjangkau lebih luas lagi radius lingkungan masyarakat yang merasakan gerakan sosial ini,” ungkap Arqam dalam sambutannya.

(HN)

Leave a comment