UPACARA MILAD KE-109 MUHAMMADIYAH: PENGUATAN NILAI KEKADERAN BAGI SISWA MU’ALLIMIN MEMASUKI ABAD KEDUA

Bertepatan dengan tanggal  8  Dzulhijjah  1439 H / 20 Agustus 2018, segenap Keluarga Besar Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan upacara Milad Muhammadiyah yang ke 109 sesuai kalender Hijriyah, dengan semangat Mu’allimin sebagai Sekolah Kader Kemanusiaan, Kader ummat, kader bangsa dan kader Persyarikatan harus selalu terpatri dalam setiap jiwa keluarga besar Madrasah Mu’allimin.

Pelaksanaan  Upacara di Madrasah Mu’allimin memang  berbeda, di Madrasah Mu’allimin Pembacaan Muqaddimah Aggaran Dasar Muhammadiyah selalu hadir di setiap upacara, hal ini di maksudkan agar setiap siswa Mu’allimin  mengerti akan kandungan yang ada dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah dan agar selanjutnya mampu merealisasikan dalam setiap langkah gerak mereka sebagai kader Muhammadiyah.

Dalam kesempatan amanat Inspektur Upacara,  Direktur Madrasah Mu’allimin, H. Aly Aulia, Lc. M.Hum menegaskan bahwa Siswa Mu’allimin harus selalu siap dan berperan dalam melangsungkan misi kekaderaan sebagai pelangsung dan penyempurna amanah baik amanah sebagai kader maupun amanah sebagai anak yang ditugaskan oleh orang tuanya untuk menuntut ilmu dengan bersungguh-sungguh.

Di samping itu, lebih jauh Direktur  Mu’allimin Aly Aulia juga menegaskan akan pentingnya  peningkatan kapasitas diri bagi segenap keluarga besar Mu’allimin agar kedepannya apa yang di cita-citakan KH. Ahmad Dahlan mampu terus kita lanjutkan, kader Muhammadiyah harus terbuka, harus terus mengasah diri agar tidak menjadi golongan yang terkukung dengan masa lalu, harus mampu menjadi pelopor dan menginspirasi setiap orang.

Seluruh keluarga besar Mu’allimin juga harus terus meningkatkan kapasitas diri untuk mampu menjawab berbagai tantangan yang ada di tengah masyarakat,  tantangan yang akan selalu berbeda di setiap zamanya.

Sebagai penerus KH. Ahmad Dahlan, sebagai kader Persyarikatan, sikap untuk terus maju dan mengembangkan potensi diri harus dipunyai oleh seluruh keluarga besar Mu’allimin hal itu diperlukan untuk mewujudkan apa yang di cita-citakan Muhammadiyah untuk mewujutkan masyarakat islam yang sebenar-benarnya.

Upacara kali ini juga merupakan persiapan Mu’allimin yang akan memasuki abad ke 2.  Hal ini dikarenakan tepat pada tahun 2018 ini, usia Madrasah Mu’allimin genap berusia 100 tahun atau satu abad.  Dalam menyambut perhelatan akbar tersebut Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakata telah mepersiapkan berbagai macam agenda kegiatan yang puncaknya nanti akan diadakan kegiatan Temu Alumni Akbar.  (HN)

Leave a comment