Trensains Lakukan Pengamatan Bulan di Surabaya

Trensains Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta berangkat menuju Ibukota Jawa Timur, Surabaya (05/09). Guna melaksanakan pengamatan sekaligus pertemuan seluruh Trensains se-Indonesia yang kedua kalinya. Trensains atau yang dikenal juga pesantren sains sudah diadakan di tiga pesanten di Indonesia, yakni Darul Ihsan di Sragen, Tebu Ireng di Jombang, dan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta di Yogyakarta.

“Pada kesempatan kali ini, saya harapkan kita dapat mengambil pelajaran dalam acara trensains kali ini” Ujar Ust. Dr. H. Muhammad Lailan Arqam S.Pd, M.Pd, selaku Wadir I bidang Kurikulum dan Pengajaran. Dalam pidato singkatnya saat pembekalan para santri.

Di Madrasah Mu’allimin sendiri Trensains terdiri oleh kelas 4 MIA 1 dan 5 MIA 1. Program trensains sendiri ini pun baru diterapkan di Mu’allimin baru pada tahun 2015 lalu. Program Trensains ini pun sudah melakukan beberapa kegiatan lain selain pengamatan di Surabaya ini. Program ini sudah beberapa kali mengundang Dr. Agus Purwanto M,Sc. untuk mengisi kuliah umum di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Bahkan juga mendapat kuliah umum oleh Dr. Matrofa Ismail, salah satu cendikiawan muslim Malaysia. Dan juga telah melakukan pengamatan bulan beberapa waktu lalu.

Kegiatan Trensains ini baru dimulai hari Senin, (06/09)) di Institut Negri Sepuluh Nopember. Dimulai dari acara pembukaan yang dilaksanakan di aula Fakultas Teknik Fisika. Dilanjutkan dengan praktek-praktek yang dilakukan di Laboratorium Teknik Fisika serta di laboratorium penunjang minta cabang minat dari Ilmu Teknik Fisika, yang terdapat di Institut Negri Sepuluh November. Praktek tersebut dibimbing oleh para Mahasiswa dan Mahasiswi semester 7, para peserta diajarkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan bidang minat yang terdapat di Fakultas Teknik Fisika.

Setelah melakukan beberapa praktikum di Institut Negri Sepuluh Niovember, para peserta melanjutkan kegiatan pengamatan di Jembatan Kenjeran dan di SD Muhammadiyah 9 Surabaya. Pengamatan ini dilakukan para peserta dengan tujuan mengamati dan mencocokan dengan perhitungan derajat kemunculan bulan. Pada pengamatan kali ini dibimbing langsung oleh penggagas Trensains, Dr. Agus Purwanto M,Sc. Seperti di kesempatan sebelumnya, sebelum diakhirinya acara trensains ini diadakan pertandingan futsal sebagai hiburan bagi para peserta. Sepert kesempatan sebelumnya Trensains Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta kembali meraih kemenangan atas sekolah trensains yang lain. Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama peserta kegiatan Trensains.

Sumber : www.mualliminmu.com

Leave a comment