Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Jembatani Pengetahuan Antar Budaya, Siswa Muallimin Ikuti Pertukaran Pelajar ke Italia

Oleh admin

9 Juli 2017

Setelah mengikuti proses tes dan seleksi AFS (American Field Service) yang cukup panjang, akhirnya Setyawan Putra Sujana salah satu siswa kelas XII Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, berhasil ikuti program AFS yang ditempatkan di Bari, Italia. Dan Indonesia tahun ini telah memberangkatkan 144 pelajar ke kurang lebih 20 negara.

AFS merupakan suatu jaringan organisasi internasional berbasis volunteer yang mengurus pertukaran pelajar ke berbagai negara, dengan melibatkan pelajar itu sendiri, keluarga, sekolah dan juga volunteer. “Tujuan utama program ini adalah menjembatani pengetahuan antar budaya,” jelas Putra, ketika diwawancarai redaksi muhammadiyah.id pada Jum’at (7/7).

Program AFS yang djijalankan Putra berlangsung selama 1 tahun sejak Desember 2016 hingga Juli 2017. Kegiatan yang dijalankan selama di Italia tersebut yaitu belajar kehidupan warga italia, belajar di sekolah setempat, dan juga anggota-anggota AFS yang berasal dari seluruh dunia. “Disamping itu saya juga berbagi cerita bagaimana diri saya, negara saya dan juga agama” jelas siswa yang berasal dari Kalimantan ini.

Lebih lanjut, Putra menambahkan motivasinya mengikuti program AFS ini karena sedari kecil Ia bermimpi ingin ke luar negeri. “Dari kecil, tepatnya kelas 5 SD saya bercita-cita mau ke luar negeri. Alhamdulillah kesampaian di tahun 2016 kemaren, dan saya orangnya suka lihat hal hal yang baru” terangnya.

Untuk bisa mengikuti program ini bekal yang disiapkannya yaitu niat dan tujuan untuk mengikuti program tersebut, memperdalam bahasa. “Yang jelas bekal lainnya yaitu harus banyak baca, apapun itu, dari buku, juga artikel internet, dan jangan lupa jadi diri sendiri aja” ucapnya.

Dan diakhir Putra berharap setelah kembali ke Indonesia dapat berbagi cerita, pengalaman dan pelajaran yang didapatkannya, mengenai budaya, perbedaan, toleransi, dan lain-lain. (tuti)

Sumber : http://www.muhammadiyah.or.id/id/news-11195-detail-jembatani-pengetahuan-antar-budaya-siswa-muallimin-ikuti-pertukaran-pelajar-ke-italia.html

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta