santri Mu’allimin , Raih Medali Emas Dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 di Riau

Alhamdulillah. Ananda Satria Widyanto, santri Mu’allimin kelas 6, berhasil meraih medali emas dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 di Riau mewakili DIY pada cabang lomba Fisika.Satria Widyanto  adalah salah satu peserta dari 1.280 siswa mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-16 yang diselenggarakan 2-8 Juli 2017 di Pekanbaru, Riau. Para siswa dari jenjang SD hingga SMA/sederajat itu memperebutkan 70 medali emas, 140 perak, dan 210 perunggu. Para peserta akan beradu pengetahuan dalam mata pelajaran matematika, IPA, IPS, informatika, fisika, kimia, biologi, kebumian, geografi, astronomi dan ekonomi.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, penyelenggaraan OSN penting digelar setiap tahun untuk membina dan mengembangkan bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. ”Diselenggarakannya OSN juga bertujuan untuk membina karakter peserta didik agar berintegritas, jujur, pekerja keras, menghargai prestasi, tangguh, dan cinta Tanah Air,” ujar Hamid.

Peserta ajang kali ini merupakan siswa dan siswi jenjang SD, SMP, dan SMA baik negeri maupun swasta termasuk dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah yang terpilih berdasarkan hasil seleksi berjenjang dari tingkat kabupaten dan kota, serta provinsi. OSN 2017 diikuti 204 siswa SD/MI, 396 siswa SMP/MTs, dan 680 siswa SMA/MA.

Lokasi lomba tersebar di beberapa tempat di kota Pekanbaru dan sekitarnya seperti SMP Darma Yudha, SMA 1 Pekanbaru, SMAN 8 Pekanbaru, SMK Labor, SMA Plus Riau, SMA Cendana, Universitas Negeri Riau, Politeknik Caltek Riau, dan aula Hotel Furaya Pekanbaru.

Sumber : ( diselaraskan dengan berita di : http://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2017/07/03/1280-siswa-ikuti-osn-2017-di-pekanbaru-404355

Leave a comment