Mubaligh Hijrah Mu’allimin Muhammadiyah Jawab Tantangan Dakwah di Masyarakat

Siswa dari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang tergabung dalam organisasi dakwah Ikatan Pelajar Mu’allimin Muallimaat Muhammadiyah dari Jawa Timur (IPMMMATIM) memiliki kegiatan rutin tahunan di bulan Ramadhan.

Yaitu program kegiatan Muballigh Hijrah, sebuah kegiatan perkaderan bagi siswa kelas 1 Aliyah di Madrasah Mu’allimin dengan turun langsung ke masyarakat untuk belajar, mengabdi, dan mengamati masyarakat luar bagaimana corak budaya dan corak watak masyarakat di suatu daerah.

Kegiatan yang diadakan pada 26 Mei hingga 19 Juni 2017 di Kabupaten Tulungagung ini diikuti oleh 20 peserta. Disampaikan Fauza Akbar Shomat ketua panitia Mubaligh Hijrah akan disebar ke berbagai Pimpinan Cabang Muhammadiyah di Tulungagung. “Kami memohon kepada bapak-bapak pengampu agar senantiasa membimbing dan mengarahkan para peserta pada setiap rangkaian kegiatan Muballigh Hijrah, dan semoga Muballigh Hijrah pada ramadhan tahun ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Tulungagung,” tuturnya, Jumat (26/5) dalam Pembukaan Mubaligh Hijrah IPMMMATIM di Kantor PDM Tulungagung.

Sementara itu, Halim Ketua Majelis Pendidikan Kader PDM Tulungagung menyampaikan bahwa nantinya peserta ketika di terjunkan di masyarakat harus siap dalam segala keadaan di lapangan. “Karena semua rintangan yang akan dilalui oleh peserta Mubaligh Hijrah nanti akan menjadi pengalaman dan pembelajaran bagi peserta,” ungkapnya.

Kegiatan Mubaligh Hijrah tersebut akan diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya mengajar TPA, mengelola masjid, ceramah, khutbah, serta gebyar Ramadhan. Dan nantinya para peserta disebar ke 5 titik yaitu, Kecamatan Rejotangan, Kecamatan Ngunut, Kecamatan Kalidawir, Kecamatan Sumbergempol, serta Kecamatan Boyolangu.

Kontributor: Faiz Arwi Assalimi

Sumber : http://m.muhammadiyah.or.id/id/news-10812-detail-mubaligh-hijrah-mu%E2%80%99allimin-muhammadiyah-jawab-tantangan-dakwah-di-masyarakat.html

Leave a comment