Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

MUSYAWARAH KERJA GURU MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Oleh Ahmad Tino

13 Juli 2023

Mu’allimin Yogyakarta - Kegiatan yang merupakan agenda wajib yang diselenggarakan satu kali setiap tahunnya pada awal tahun pelajaran ini bertujuan untuk menentukan kesepahaman pada aspek norma-norma yang berlaku di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, diantaranya norma kenaikan kelas dan norma kelulusan. Selain itu juga bertujuan penyampaian dan penentuan kembali terkait KKM untuk kurikulum 2013 dan KKTP untuk kurikulum merdeka serta peneguhan kode etik guru, tugas wali kelas, dan guru piket.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangusng selama dua hari. Dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, 12 dan 13 Juli 2023. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Ust. H. Aly Aulia, Lc., M.Hum sekaligus memberikan sambutan, arahan, dan menyampaikan orientasi awal kegiatan musyawarah kerja guru tahun pelajaran 2023/2024. Pada orientasi awal ada berbagai informasi yang disampaikan, antara lain penjabaran visi, pentingnya standar minimal yang berkaitan dengan mutu layanan, penekanan pada penilaian kepegawaian, dan pemaksimalan tanggung jawab guru yang telah diamanahkan. Selanjutnya disampaian oleh beliau berbagai penjabaran program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2023/2024.

Pada materi musyawarah pertama disampaikan oleh Ust. Solikhin, S.Pd., M.Pd selaku wakil direktur bidang kurikulum tentang penentuan norma kenaikan kelas dan kelulusan. Dilanjutkan dengan penyampaian materi musyawarah penentuan KKM dan KKTP. Terdapat dinamika diskusi yang menarik dari musyawarah ini dan hal ini guna mendapatkan hasil yang terbaik terlebih untuk meningkatkan mutu layanan terhadap para santri Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Terdapat juga rekomendasi-rekomendasi yang dihasilkan dari musyawarah ini. Hasil musyawarah salah satunya sebagai bentuk komitmen Mu’allimin untuk selalu meningkatkan kualitas lulusan.

Hal yang tidak jauh berbeda juga terdapat pada musyawarah di hari kedua, pada materi musyawarah peneguhan kode etik guru. Musyawarah materi ini masih disampaikan oleh Ust. Solikhin, S.Pd., M.Pd. Secara umum tidak ada perubahan yang signifikan pada konsep kode etik yang disusun oleh madrasah Mu’allimin, terdapat penambahan dan pembaruan terkait beberapa detail kode etik guru. Hal ini dimaksudkan bukan dalam arti mengganti, namun penyesuaian guna mengikuti perkembangan santri dan kurikulum yang berlaku dan juga sebagai persiapan menghadapi tahun pelajaran 2023/2024.

Sebagai materi musyawarah selanjutnya adalah sosialisasi serta koordinasi guru piket dan wali kelas tahun pelajaran 2023/2024. Materi ini disampaikan oleh Ust. Agus Riyadi, M.Pd selaku Kaur bidang pendidikan dan pengajaran. Sosialisasi dan koordinasi berjalan dengan lancar dan terdapat diskusi terkait tugas dan tanggung jawab guru piket serta wali kelas tahun pelajaran 2023/2024. Sosialisasi dan koordinasi ini dilaksanakan sebagai persiapan pendampingan terhadap santri bagi wali kelas dan sebagai pemahaman tugas pokok guru piket tahun pelajaran 2023/2024.

Kegiatan musyawarah kerja guru ditutup secara resmi oleh direktur Madrasah Mu’allimin, Ust. Aly Aulia, Lc., M.Hum. Pada sambutan penutupan disampaian harapan dari kegiatan ini diantaranya dengan adanya musyawarah maka akan ada kesepakatan-kesepakatan yang menghasilkan hasil terbaik untuk guru dan khususnya dalam rangka menghasilkan layanan prima untuk santri Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. (AndhikWahyu)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta