Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Dalang Cilik Kader Tingkat V Mu’allimin, Memukau Perhatian Syaikh Prof Dr. Muhammad Salim Abu Ashi Dalam Kunjungannya ke Kampus Terpadu Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Oleh Ahmad Tino

21 Agustus 2023

Mu’allimin Sedayu - Madrasah Muallimin Muhammadiyah kedatangan tamu kehormatan pada Ahad malam, 20 Agustus 2023. Beliau adalah Syaikh Prof Dr. Muhammad Salim Abu Ashi seorang ulama mashur dan karismatik dari Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir yang merupakan tempat pusat studi utama ilmu literatur Arab dan ilmu keislaman dunia. Syaikh Salim (Guru Besar Ilmu Al Quran dan Tafsir Universitas Al Azhar) ini mengadakan perjalanan dakwah beliau ke berbagai tempat yang ada di Indonesia yang bertemakan  “Rihlah ilmiah di Bumi Nusantara”, dan salah satu agenda kunjungan beliau adalah “Silaturahim & Dialog Interaktif’’ bersama santri di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, Yogyakarta.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah berkolaborasi dengan PCIM Mesir ini merupakan peran aktif dari madrasah dan persyarikatan dalam menghadirkan ulama-ulama dunia untuk menambah ghiroh (semangat) menuntut ilmu bagi santri santri yang ada di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini selaras dengan apa yang menjadi tujuan Madrasah Mu’allimin yaitu melahirkan kader ulama, pemimpin dan pendidik.

Dalam kunjungannya, beliau sangat senang dan terhormat disambut dengan sangat meriah oleh madrasah khusunya para santri yang menampilkan penampilan Tapak suci, disambut dengan barisan Hizbul Watan,diiringi hadron, dan disuguhkan dengan penampilan wayang dua bahasa yaitu Bahasa Arab-Jawa.  Penampilan yang sangat memukau membuat syaikh sangat terkesan dan beliau menyampaikan “Kesalahan besar apabila seorang penuntut ilmu (santri) dipahami sebagai orang orang yang hanya menghabiskan waktunya d masjid dan sekolah saja untuk belajar dan belajar. Dakwah itu harus menyenangkan dan menggembirakan, seperti itu” sembari menyampaikan apresiasi beliau terhadap penampilan para santri.

Kegiatan Dialog yang berlangsung di Masjid HJ. Yuliana Sedayu ini nampak berbeda karena di warnai dengan penampilan wayang oleh M. Syafiq Abdillah, kader tingkat 5 madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penampilan wayang dua bahasa oleh ananda dengan maksud mengenalkan dan mengingatkan kepada tamu undangan, bahwa kehadiran dan penyebaran Islam di Nusantara ini salah satunya melalui kesenian “Wayang”.

Direktur Madrasah Mu’allimin , Ustadz H. Aly Aulia Lc. M.Hum., dalam sambutannya setelah mengenalkan Madrasah Muallimin beliau juga  menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Syaikh Salim atas kehadiranya. “Silakan para santri, ambilan faedah sebanyak banyaknya dari apa yang akan di sampaikan oleh Syaikh. Jangan lewatkan kesempatan emas ini.

Syaikh Salim yang merupakan penulis kitab Al-Mustashfa fi Ulum Al-Quran berpesan kepada para santri “ Wahai para santri, jadilah kalian pelita dan sumber-sumber cahaya yang akan menerangi masyarakat di manapun kalian berada, belajarlah kalian dengan para guru dengan baik dan bersyukurlah atas itu semua karena kalian semua adalah orang yang Allah pilih untuk belajar di Madrasah ini. Oleh karena itu, Ikhlaskan niat kalian setulus mungkin, dan Amalkan apa yang kalian telah pelajari, semoga Allah memudahkan kalian semua”.  Tutup beliau.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta