Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

TRADISI MEDALI DALAM KEIKUTSERTAAN KSM MAMPU DIPERTAHANKAN MU’ALLIMIN

Oleh Ahmad Tino

10 September 2024

'}}

Alhamdulillah Puji Syukur kepada-Nya, Mu’allimin kembali mendapatkan medali dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2024 tingkat Nasional yang berlangsung di Kota Ternate Maluku Utara melalui wakilnya Ananda Muhammad Tahta Al Kautsar kader tingkat VI yang meraih medali Perunggu (juara ketiga) bidang mapel Fisika Terintegrasi

Prestasi Ananda Muhammad Tahta Al Kautsar tersebut, sekaligus menjadi catatan tradisi tersendiri bagi Mu’allimin selama keikutsertaannya memperkuat kontingen KSM DIY, istiqomah mampu memberikan sumbangan perolehan mendali. Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Ust H. Aly Aulia, Lc, M.Hum menuturkan; “Alhamdulillah, Mu’allimin bisa terus menjaga tradisi di ajang KSM tahun ini dengan tetap menorehkan medali. Semoga prestasi di berbagai bidang bisa terus terjaga dala menentukan arah pengembangannya Mu’allimin di abad keduanya”.

Perlu diketahui, sejak pagelaran KSM diadakan tahun 2012 hingga tahun 2024, Mu’allimin tercatat sudah empat kali berperan serta memperkuat kontingen DIY dan selalu menyumbangkan peraihan medali. Tahun 2014 (KSM ke-3) di Makasar Sulawesi Selatan Ananda Satria Widyanto kader tingkat II Mu’allimin menyumbangkan perolehan medali perak mapel Fisika MTs. Tahun 2016 (KSM ke-5) di Pontianak Kalimantan Barat saat menjadi kader tingkat IV Mu’allimin, Satria Widyanto mampu meraih medali emas dan terpilih sebagai best of the best KSM mapel Fisika Terintegrasi MA. Tahun 2023 (KSM ke-12) di Kendari Sulawesi Tengah Ananda Muhammad Baihaqi Purnomo kader tingkat III Mu’allimin menyumbangkan perolehan medali perak mapel IPA Terintegrasi MTs. Kemudian tahun 2024 (KSM ke-13) di Ternate Maluku Utara ini, Ananda Muhammad Tahta Al Kautsar kader tingkat VI Mu’allimin menyumbangkan perolehan medali perunggu mapel Fisika Terintegrasi MA.

Muhammad Tahta Al Kautsar bersama Pembimbing Fisika Ust Arif Alfatah, S.Pd.Si, M.Sc (kiri) dan
Ust H Aly Aulia, Lc, M.Hum (kanan) seusai acara pembukaan di Lapangan Ngara Lamo Kota Ternate

Acara KSM bersamaan dengan Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES) 2024 tingkat Nasional di Ternate dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemenag RI Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT. Pembukaan berlangsung sangat meriah dengan dilengkapi pagelaran tari-tarian secara kolosal oleh ratusan siswa Madrasah di Ternate. Dengan mengusung tagline “Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia”, kegiatan KSM dan MYRES di gelar selama empat hari, 3 – 6 September 2024 diikuti 862 peserta dan 2500-an pendukung dari 34 propinsi di seluruh Indonesia.

Saya bangga dengan kemajuan yang dicapai siswa madrasah dalam bidang sains. Kami sebagai representasi negara akan terus hadir untuk menggali dan mengasah potensi madrasah, serta emberikan kesempatan tampil dalam kompetisi sains lainnya”, ungkap Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI Bapak Muhammad Sidik Sisdiyanto saat acara penutupan.

Kontingen DIY meraih dua medali emas melalui mapel Geografi Terintegrasi MA dan mapel IPS terintegrasi MTs, serta meraih dua medali perunggu melalui mapel Fisika Terintegrasi MA dan MYRES Penelitian tingkat MA. “Terimakasih kami ucapkan kepada Kemenag RI, Panitia KSM 2024, dan Kanwil DIY yang telah memberikan kesempatan kepada Madrasah kami untuk ikut berkompetisi dan menimba pengalaman di bumi Ternate Maluku Utara. Ada beberapa catatan kekurangan terkait pelaksanaan KSM 2024, semoga KSM 2025 di Banten semakin baik kualitas penyelenggaraannya ”, Arif Alfatah pembimbing Fisika Ananda M. Tahta Al Kautsar memberikan komentar selesai penutupan.

Ternate – Maluku Utara

Sabtu Pahing, 4 Rabiul Awal 1446 H – 7 September 2024 M

Mu'allimin dalam angka


Mendidik Sejak

0
0

Tahun Berdiri

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2025/2026

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2025/2026 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 29 Oktober 2024.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta