Company Logo

Chat Via YM

Humas  1  : 

Humas  2  : 

Notice

Pelatihan Khutbah Jum`at Kelas V Mu`allimin

           Santri Kelas V mengikuti dengan seksama Pelatihan Khutbah Jum`at.

Selama empat hari sejak Hari Senin hingga Hari Kamis, 16-19 April 2012 berbarengan dengan dilaksanakannya Ujian Nasional bagi santri kelas VI Mu`allimin, santri kelas V Mu`allimin mengikuti pelatihan Khutbah Jum`at dan Ujian Al-Qur’an. Salah satu upaya mengembangkan kompetensi dasar santri Mu`allimin ini diselenggarakan di Sanggar Kegiatan Belajar Bantul.

Sebanyak 105 santri kelas V mengikuti pelatihan yang digagas oleh Bimbingan Kehidupan Islami Santri (BKIS). Mereka terlihat antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan pelatihan khutbah Jum`at tersebut.

Ust. Ahmad Salim, Kepala Urusan BKIS, mengungkapkan, “Pelatihan Khutbah Jum’at ini saya yakin akan dirasakan manfaatnya oleh kelas V yang dalam waktu dekat akan melaksanakan khutbah Jum`at sebagai syarat kelulusan Mu`allimin. Berbagai materi disampaikan untuk mempermudah anak-anak menyusan dan melaksanakan Khutbah Jum`at seoptimal mungkin.”

Hari pertama, santri kelas V mendapat materi soal Pengantar Khutbah Jum`at berisikan pemaparan rukun-rukun dan syarat-syarat Khutbah Jum`at. Materi tersebut diisi oleh Ust. Ghafar Ismail, S.Ag., M.A. Kemudian di sesi kedua giliran Ust. Drs. Setyadi Rahman, ustadz senior Mu`allimin,  yang menyampaikan materi soal Teknik Penyusunan dan Penulisan Teks Khutbah Jum`at.

Di hari Selasa, giliran Ust. Syakir Djamaluddin, M.A., yang memaparkan materi Retorika dan Psikologi Khutbah Jum`at. “Materi teknik penyusunan dan retorika Khutbah Jum`at tersebut diberikan agar anak-anak terbekali dalam membuat khutbah Jum`at dengan bahasa yang efektif dan efisien,” tambah Ust. Ahmad Salim.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, santri Kelas V juga mengikuti Ujian Al-Qur’an guna standardisasi bacaan. Setiap santri wajib mengikuti ujian dengan penilaian yang meliputi delapan aspek tajwid. Di antaranya: fawatih as-suwar; makharij al-huruf; maad; hukum nun mati dan tanwin; qalqalah; dan musykilat.

Namun sebelum ujian dilaksanakan, para santri mendapatkan pembimbingan bacaan Al-Qur’an sesuai dengan tajwid selama dua sesi. “Alhamdulillah, santri kelas V mampu melalui ujian Al-Qur’an lancar dan dengan hasil yang memuaskan,” ungkap Ust. Ahmad Salim.

 

Informasi Akademik

PSB OnLine

Perpustakaan Online

Art Clock

Calendar





MADRASAH MU'ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Jl. S.PARMAN 68 YOGYAKARTA 55012, Telp:(0274)373122 Fax:(0274)385516

Email : muallimin_muhyk@yahoo.com; Website : www.muallimin.sch.id


Powered by Mu'allimin® Desaigned by : Emgain Admin