Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Bakti Sosial Iduladha 1445 H Mu’allimin Hadirkan Dalang Cilik dan Penyembelihan Hewan Qurban 400 Paket Sembako 1 Ekor Sapi Limosin dan 3 Ekor Kambing

Oleh Ahmad Tino

22 Juni 2024

Mu’allimin, Yogyakarta – Setalah sukses diselenggarakan pada tahun lalu di Kaligesing dan Sawangan Magelang, bakti sosial dalam rangka semarak Iduladha kembali digelar pada Ahad-Senin (16-17 Juni 2024) bertempat di SD Muhammadiyah Bendo Pranan Banjaroyo Kalibawang, dan Nganti, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat beberapa agenda kegiatan yang dilaksanakan pada 2 hari itu, yakni Lomba-lomba untuk siswa TK dan SD, Tabligh Akbar, Bazaar sembako murah, Bazaar pakaian pantas pakai, Penyembelihan 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing serta penyerahan daging kurban untuk Masyarakat Desa Banjaroyo dan sekitarnya. Sedangkan di lokasi berikutnya Madrasah Muallimin Melalui Santri yang tergabung dalam Gladi Tangguh Hizbul Wathan juga melaksanakan Bakti sosial Penyerahan 100 Paket Sembako dan 3 ekor kambing di Nganti, Hargotirto, Kokap Kulon Progo.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Istiqlal Yulfanani selaku ketua panitia Bakti Sosial Iduladha 1445 pada Ahad, (16/06) siang. Dalam sambutannya, Pendidik Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh Masyarakat khususnya SD Muhammadiyah Bendo yang telah menerima kedatangan panitia beserta siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah. “Kami ucapkan terima kasih atas sambutan yang meriah dari jajaran Masyarakat dan SD Muhammadiyah Bendo yang sudah berkenan menerima dan menampung kami dalam melaksanakan kegiatan hingga Senin (17/06) besok, kami juga apresiasi atas antusiasme adik-adik dari Paud, TK dan SD yang berada di Desa Banjaroyo yang telah mendaftarkan diri untuk turu serta mengikuti perlombaan ini, kami berharap dari perlombaan ini mampu mempererat tali silaturahim antar siswa lintas sekolah” ujar Istiqlal.

Bakti sosial di SD Muhammadiyah Bendo diikuti oleh lebih dari 80 siswa Paud, TK dan SD dalam cabang lomba mewarnai, CCA, Adzan Iqomah, dan Pidato. Selanjutnya pada malam hari terdapat Tabligh Akbar dalam rangka menyambut Iduladha 1445 H yang di isi oleh dalang muda asal Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Ki Syafiq Abdillah yang merupakan kader Tingkat V asal Purwokerto Jawa Tengah.

Turut hadir dalam Tabligh Akbar semarak Iduladha 1445 H yakni Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Bendo, Ketua PCM Dekso, Ketua PRM Banjaroyo dan tokoh Masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Ust H Aly Aulia Lc MHum yang meruapakan Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menyampaikan jika kegiatan bakti sosial ini merupakan momentum untuk melatih siswa dalam berkontribusi untuk Masyarakat. “Kegiatan ini melatih siswa untuk juga bagaimana berkontribusi untuk Masyarakat, jadi sedari awal siswa juga yang merancang bagaimana konsep acara ini, kemudian mengeksekusi pada saat hari pelaksanaan, nilai nilai ini akan terus kita latih dan kita tanamkan pada diri kader-kader Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah agar pada saatnya nanti dilepas di Masyarakat dapat dengan mudah menyesuaikan diri” pungkas Aly Aulia.

Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah juga menyampaikan jika hikmah yang dapat diambil dari kegiatan ini yakni menjadi pribadi yang bertakwa dan meneladani Nabi Ibrahim AS. Selain itu, Aly Aulia juga menambahkan bahwa selain Iduladha momentum ini juga bersamaan dengan Ibadah Haji yang saat ini sedang berjalan di Makkah. Menurut Direktur Mu’allimin, sosok Nabi Ibrahim AS merupakan sosok yang memiliki Himmah/cita-cita. “Keteladanan Nabi Ibrahim AS erat kaitannya dengan HAJI yang bisa kita ambil hikmahnya yakni Himmah/Cita-cita, sehingga adik-adik siswa SD Muhammadiyah Bendo harus memiliki cita-cita kedepannya ingin menjadi apa dan mewujudkannya” tandas Aly Aulia.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Bendo yang juga diberikan kesempatan untuk memeberikan sambutan menyampaikan rasa terima kasih kepada keluarga besar Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah yang telah memilih SD Muhammadiyah Bendo dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial. “Kami bangga menjadi bagian dari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah dalam menyelenggarakan kegiatan bakti sosial ini, harapan kami yang merupakan Sekolah Dasar Muhammadiyah di Desa juga dapat berkembang pesat seperti Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, kami juga berharap adanya kegiatan ini mampu menambah daya tarik Masyarakat untuk mendaftarkan anak-anaknya di SD Muhammadiyah Bendo” pungkas Sri Lestari.

Tiba Saatnya Tabligh Akbar di mulai, dengan pembawaan Bahasa ngapak khas daerahnya, penampilan Syafiq sebagai dalang muda turut mencuri perhatian tamu undangan, sebab materi pertunjukan wayang ia sampaikan juga berkisar tentang kehidupan sehari-hari insan muslim pada umumnya.

Ki Syafiq Abdillah dalam penampilannya menyampaikan jika wayang juga sebagai media Dakwah yang mudah diterima di Masyarakat. Tak lupa, Syafiq juga nenjelaskan  Taqwa sebagai bekal terbaik menuju surga dengan Media Wayang dalam Bakti Sosial dan Tabligh Akbar Semarak Idul Adha 1445 H di SD Muhammadiyah Bendo Kalibawang.

Senin, (17/06) pagi, sinergi antara Masyarakat dengan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, penyembelihan 1 ekor sapi jenis limosin dan 1 ekor kambing di Lokasi bakti sosial SD Muhammadiyah Bendo Kaliwabang. Penyembelihan hewan Qurban berjalan dengan lancar yang dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB. Selanjutnya sembari menunggu pengemasan daging yang dilakukan oleh siswa Mu’allimin, Masyarakat desa Banjaroyo dan sekitarnya menghadiri bazaar sembako Murah seharga Rp. 50.000 dan Bazaar pakaian pantas pakai yang dimulai dari harga Rp. 2000.

Dari kegiatan Bazaar murah sembako, terjual 300 paket sembako. Seluruh hasil penjualan di donasikan ke SD Muhammadiyah Bendo dan Lazismu Kalibawang.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta