Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Mu’allimin Menjadi Tuan Rumah Dalam Perhelatan Ujian Tahdid Mustawa Lughowi yang diadakan Markaz Tathwir

Oleh Ahmad Tino

16 Mei 2023

Mu'allimin Sedayu - Pasca terjalinnya Muadalah antara beberapa Madrasah dan Pondok Pesantren yang ada di Indonesia dengan Universitas Al Azhar Al Sharif Kairo Mesir, dalam hal ini termasuk Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang pada Tahun 2023 ini turut mengirimkan 12 kadernya untuk melanjutkan pendidikan tingkat lanjut di Universitas Al Azhar.

Dimulai sejak Senin, (15/5) bertempat di Lab. Komputer Kampus Terpadu, Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta diberi amanah untuk melaksanakan ujian Tahdid Mustawa Lughowi (Placement test untuk kelas Bahasa) yang diadakan oleh Markaz Tathwir bagi para calon mahasiswa baru Universitas Al-Azhar Kairo.

Ujian akan diikuti oleh 152 calon mahasiswa baru dari berbagai Pondok Pesantren, diantaranya Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta, PM Tazakka, Ponpes Al-Ikhlas Kuningan, Ponpes Darun Najah, PM Darussalam Gontor, dan Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

Foto siswa sedangan mengerjakan tes berbasis computer (CBT)

Ujian ini dibagi tiga gelombang, gelombang pertama diadakan pada hari Senin, 15 Mei 2023 yang diikuti oleh 51 peserta dan akan disusul gelombang kedua dan ketiga yang masing akan diikuti oleh 51 peserta dan 50 peserta di hari yang lain.

Ujian terdiri dari dua bagian, yang pertama adalah ujian berbentuk soal dan berbasis komputer diawasi langsung oleh pihak Markaz Tathwir di Mesir secara online. Kemudian dilanjutkan dengan ujian wawancara yang juga langsung diuji oleh pihak Markaz Tathwir pula.

Foto penilaian ujian dari Markaz Tathwir Mesir

Dengan tekhnologi dan fasilitas yang sudah dimiliki oleh Mu’allimin, terselenggaranya tes pada gelombang pertama ini berjalan dengan lancar. Fathu Rabbani Lc selaku pendidik Mu’allimin yang diberi Amanah mengatur jalannya tes menyampaikan jika adanya fasilitas yang memadahi dari Mu’allimin mendapatkan kepercayaan bagi Markaz Tathwir untuk menyelenggarakan tes secara mandiri yang berbasis online. “Alhamdulillah, fasilitas komputer yang dimiliki oleh Mu’allimin dalam kondisi yang baik ditambah penunjang lain berupa beberapa cctv yang dimana juga menjadi kemudahan bagi Markaz Tathwir dalam melakukan observasi Ketika tes berlangsung” pungkas Alumni Mu’allimin yang juga sebagai Alumni Univ. Al Azhar Kairo.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta