Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Mu’allimin-Mu’allimaat Siapkan Kader Sambut Muktamar

Oleh Ahmad Tino

10 November 2022

Mu’allimin Yogyakarta - Dalam rangka menyambut acara akbar Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Solo tahun ini telah didahului dengan penyelenggaraan seminar pra muktamar pada Kamis, 10 November 2022. Tema seminar pra muktamar tentang “Siapkan Kader”. Kegiatan dilaksanakan di Gedung, AR Fachrudin UMY. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru Madrasah Mu’allimin-Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta dan seluruh Kepala Sekolah SD Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta.

Pada sambutannya, Direktur Mu’allimin, Aly Aulia, Lc.M.Hum. menyampaikan bahwa kerjasama sekolah kader Muhamamdiyah putra dan putri ini diharapkan agar kader Muhamamdiyah bisa memajukan Indeonesia dan mencerahkan semesta dalam dimensi luas. Sementara, Direktur Mu’allimaat, Unik Rasyidah,M.Pd., menyampaikan pentingnya transfer ilmu.

Seminar dilaksanakan dalam dua sesi. Materi sesi pertama "Perkaderan Formal di Lembaga Pendidik Dasar dan Menengah Muhammadiyah" disampaikan oleh Prof. Dr. Munir Mulkhan, S.U., Dr. Siti Aisyah, M.Ag, dan Dr. Azaki Khoirudin, M.Pd. Menurut  Prof. Dr. Munir, Muhammadiyah berkomitmen membangun negara Pancasila dengan Islam yang berkemajuan. Kemudian menurut Dr. Siti Aisyah, M.Ag disampaikan juga ragam jalur perkaderan yaitu informal, formal, non formal, dan khusus. Diperkuat oleh Dr. Azaki Khoirudin, M.Pd. bahwa Mu’allimin dan Mu’allimaat sebagai sekolah kader Muhamadiyah yang mencetak kader ulama, pemimpin, dan pendidik diharapkan menjadi ujung tombak dan garda terdepan dalam mencetak manusia paripurna yang mampu membangun perdaban umat melalui program yang berkemajuan.

Materi sesi kedua,  "Sistem Perkaderan di Persyarikatan yang Berkemajuan" disampaikan oleh Dr. Khoirudin Bashori, M.Si.,  Prof. Dr. Masyitoh, M.Ag., Dr. Kasiyarno, M.Hum.. Disampaikan oleh Prof. Masyithoh bahwa mewujudkan Cita-cita orang tua & siswa, melahirkan ulama dan cendekiawan, mencetak kader bangsa dan kader umat serta persyarikatan merupakan cita-cita idial. Cita-cita idial tentu berhadapan dengan realita yang terus menerus dihadapi seiring perkembangan zaman serba cepat. (YS)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta